Mongol, Penakluk Terbesar Dalam Sejarah

Orang Uighur juga telah mengenal pertanian semiintensif sejak 200 SM. Pada abat ke-7 pertanian mereka semakin berkembang dengan menaman jagung, gandum, kentang, kacang tanah, anggut, melon dan kapas. Uighuristan merupakan tanah subur one 500 mil dari Beijing, dengan luas 1 . 6 juta km2 — hampir 1/6 wilayah Cina. Di utara, tanah Uighur berbatasan dengan Kazakstan; Mongolia di timurlaut; Kirghiztan dan Tajikistan di baratlaut; dan dengan Afghanistan-Pakistan di baratdaya. Sejauh ini, Rusia tetap diam dalam serangan New York.

https://www.hayatuntour.com/paket/rihlah-peradaban-rusia-uzbekistan-kazan-chechnya-15d/ – Begitu ramai tiga pasar ini dengan suara tawar menawar dari pedagang lintas negara. Namun, saat ini Toqi Sarrofon, Telpak Forushon dan Zargaron menjadi tempat penjual bermacam cinderamata khas Bukhara dengan pembeli kebanyakan turis asing. Ketiga pasar ini berdiri kokoh, melintasi dimensi waktu. Selama berada di Bukhara, saya merespons dan menemukan jiwa sufi dalam kehidupan mereka sehari-hari. Otak saya terus mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

Saya mendekat, sekedar ingin melihat keaslian emas dan memotretnya. Pemakaman Yahudi yang berada di selatan kota Bukhara pun terawat dengan baik memberikan kesan kuat tentang berapa lama komunitas itu tinggal di Bukhara. Para emigran mengirim uang ke yayasan komunitas Yahudi untuk membantu sinagoge, sekolah, dan pemakaman, tetapi pengiriman uang ini belum mampu membalikkan penurunan kaum yahudi di sana.

Langit kelabu tak menunjukkan tanda matahari akan bersinar. Hanya satu atau dua yang melintas dalam balutan jaket tebal menembus dingin. Pukul delapan pagi di Bukhara seperti pukul enam pagi di Jakarta. Kicau burung yang terbang beriringan ditambah embusan angin kencang menyapa awal hari.

Apakah hikayat sang sufi Nasruddin ini yang mempengaruhi prilaku kehidupan orang-orang Bukhara? Selalu tenang berjalan tanpa was-was dalam sepi, senyuman dan raut muka yang hangat saat bertemu dengan orang asing, bertutur halus dan tak segan membantu. Warna coklat tanah mendominasi bangunan tua di Bukhara seperti madrasah, masjid, caravansary hingga rumah penduduk. Hampir semua bangunan terbuat dari susunan batu bata, jerami dan polesan coran tanah liat serta tiang kayu sebagai penyanggah. Ukiran, motif, warna dan kaligrafi dipengaruhi budaya Persia.

keluar dari padang rumput Mongolia yang dingin dan kering. Mereka menaklukkan beberapa kekuasaan di wilayah perbatasan dan menjadi penguasa terbesar dalam sejarah. Demikian indahnya isatana itu sampai-sampai banyak kalangan menyebutnya sebagai Mutiara di Lembah Fergana. Bangunan tersebut tampak kuat dan megah dengan konstruksi yang mumpuni di eranya.

khawatir pada negeri ini yg sedang di obrak abrik oleh para munafik dan kafir yg bahu membahu dan disokong oleh kekuatan dari luar Indonesia. Komunisme sangat buruk pengaruhnya terhadap Islam dan kaum muslimin bahkan lebih buruk dari demokrasi liberal.

Dibangun di atas bukit, Istana Khudayar Khan memiliki pondai setinggi 3 meter berbahan batu bata. Jalan masuk menuju ke istana pun dibuat menanjak. Selain agama, di madrasah-madrasah inilah anak Uighur belajar membaca, menulis, logika, aritmatik, geometri, etik, astronomy, tibb (pengobatan), pertanian. Pada abad ke-15 di kota ini telah ada perpustakaan dengan koleksi 200 ratus ribu buku.

Dari kalangan ulama yang masyhur adalah Ishaq bin Rahawaih dan Imam al-Bukhari. Jika dimasukkan tokoh-tokoh sejarah secara umum, maka seorang ilmuan terkenal Abu Ali al-Husein bin Abdullah bin Sina. Kemudian pada tahun H/ H, Abdul Ahad Khan memerintah Bukhara.

Di masanya, ekonomi Bukhara mengalami peninggakatan. Kota budaya ini bertransformasi menjadi kota industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *